https://i0.wp.com/kesan.tentangsolo.web.id/img/banner.png
                   
                  

Berbicara tentang kota Solo bagi Anda yang sesekali atau bahkan belum pernah mengadakan perjalanan ke kota satu ini, rasanya Anda harus segera menyusun rencana kegiatan perjalanan untuk sekedar menilik keindahan kota ini. Walaupun saya pikir secara letak geografis tidak mendukungnya menjadi objek wisata namun banyak hal yang tidak Anda ketahui yang perlu anda ketahui dan mungkin akan sedikit menarik minat Anda mengunjungi kota budaya ini.

Apakah Anda seorang “culinary enthusiast”? Atau Anda membutuhkan hiburan baru yang jarang ditemukan di kota tempat tinggal Anda? Jawaban atas keinginan ini mungkin bisa dipenuhi di Kota Solo. Berbagai kuliner khas Solo dapat dinikmati tiap harinya dengan menyajikan banyak jenis makanan yang bisa Anda rasakan seperti sate kere hingga gudeg ceker lengkap memenuhi selera makan harian kita.

Bukan hanya soal makanan tradisional khas Kota Solo, berbagai event menarik yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan baik anak-anak, remaja, orangtua bisa anda dapatkan disini. Tiap bulannya sekitar 3-4 event terselenggara dengan menyajikan penampilan unik dan menarik sekaligus saya yakini akan membuat Anda berpikir bahwa Kota Solo adalah kota kesenian berbagai festival tahunan.

Walaupun bukan warga asli Solo namun bila Anda tinggal di kawasan sekitar kota ini maka jelas tidak akan asing dengan istilah sekaten. Ya. Pagelaran yang diadakan tiap tahun ini sudah menjadi tradisi yang digelar di Alun-Alun Kraton Kasunanan Surakarta. Apa saja yang bisa dilihat disini? Souvenir dan kerajinan tangan yang dipasarkan, dan juga pameran benda-benda pusaka di Pagelaran Keraton. Menarik bukan? Dibuka selama sekitar 1 minggu pada waktu waktu tertentu dan bisa dikunjungi mulai dari pukul 9 pagi hingga pukul 12 malam.

Setelah berbicara tentang seni tradisi keraton, saya mencoba beralih berbicara ke event lain yang merupakan kolaborasi sektor pariwisata, perdagangan dan investasi serta diikuti dari berbagai daerah di Indonesia digabung menjadi satu dalam Java Expo yang merupakan penyelenggaraan yang ke 8 di tahun 2013 ini. Lantas dimana digelar kegiatan ini? Masih tidak jauh berbeda seperti sekaten sebelumnya, bertempat di Pagelaran Keraton Surakarta.

Tentunya akan membosankan bila kita hanya mengunjungi tempat itu saja. Apakah tidak ada tempat lain di kota ini selain daerah sekitar keraton? Jelas tidak demikian. Bila kita ingin melihat event lain di tempat yang berbeda, banyak alternatif pilhan. Solo Batik Carnival (SBC) yang tahun ini digelar tanggal 29 Juni kemarin dan mungkin pada tahun tahun berikutnya bertempat di jalan utama, Slamet Riyadi, Solo. Dilihat dari namanya maka jelas tema dari kegiatan ini adalah batik, yang merupakan ciri khas budaya Indonesia. Membanggakan pastinya, pada beberapa tahun terakhir penyelenggaraannya sendiri mampu menarik perhatian ratusan ribu orang dari berbagai daerah.

Satu lagi event besar tahunan Solo, bagi Anda penggemar musik keras yang biasanya menjangkiti remaja-remaja sekarang, Rock in Solo merupakan pilhan tepat. Tidak salah lagi yang satu ini merupakan paling banyak diminati karena menghadirkan puluhan band rock yang berasal dari Indonesia serta mancanegara dan sudah menjadi kewajiban untuk selalu diikuti oleh beberapa orang sebagai festival musik.

Lain dari mereka yang gemar akan musik cadas, saya berikan pilihan bagi anda bergenre musik jazz dan juga merupakan agenda tahunan kota, Solo City Jazz.. Sama seperti sebelumnya, event tersebut menampilkan artis-artis jazz nasional maupun internasional. Menarik tentunya untuk diikuti. Kota ini memang lengkap dan bisa memuaskan keinginan serta kebutuhan Anda akan banyak jenis musik.

Ketika ditanya apa yang paling menarik dari serangkaian pagelaran tahunan Kota Solo, jawaban saya pribadi adalah Solo International Performing Art kepanjangan dari SIPA. Seni internasional yang menampilkan artis-artis dari dalam dan luar negeri yang diikuti sekitar 7-10 negara di Pamedan Pura Mangkunegaran boleh dicoba. Seni yang jarang Anda temui dan dapat menambah pengetahuan Anda akan budaya yang berbeda tidak seperti biasanya.

Beberapa di atas hanya sedikit dari puluhan bentuk hiburan yang ditemui di Solo tiap tahunnya. Masih ada jenis lain mencakup theatrical jawa menampilkan teater Jawa diperankan remaja-remaja SLTA se-Jawa Tengah, festival kuliner bagi yang tertarik mencicipi masakan kontemporer berbasis resep masakan tradisi Jawa dikemas secara Internasional dan lain-lain.

Car Free Day tiap minggu pagi dan Car Free Night sebagai event pada malam pergantian tahun di sepanjang jalan Slamet Riyadi, untuk sekedar bertemu kerabat, teman dekat dan berkumpul bersama menyaksikan atraksi budaya dan pesta kembang api menyongsong tahun berikutnya menjadi favorit dan pilihan utama keluarga atau sekelompok orang. Dengan kekayaannya akan budaya sudahkah Anda tertarik berkunjung ke kota ini? Dengan agenda tahunan atau bulanan bahkan mingguan tidak ada salahnya menyempatkan sedikit waktu anda menikmati keindahan Kota Solo. Tentunya sebagai penyedia jasa berbagai hiburan masyarakat dimana Anda sendiri yang menentukan dan memilihnya sesuai dengan hasrat,selera dan kebutuhan masing-masing pribadi.

 

 

Advertisements